Senin, 20 Juni 2011

Lagi-lagi tentang Cinta

Entah kenapa, saya selalu tertarik membahas sebuah kata yang selalu didambakan orang, selalu diharapkan kehadirannya, namun tidak sedikit yang muak karenanya bahkan sakit karena efek yang ditimbulkannya. Sesuatu itu menempati ruang kecil di dalam hati, itulah yang orang biasa sebut Cinta.

Yah, Cinta. Tidak ada definisi pasti mengenai kata ini. Terlalu banyak persepsi. Tergantung dari segi mana orang mau menilainya. Dan menurutku semuanya benar. Pendapat tidak pernah salah menurutku, yang ada hanyalah ada atau tidaknya kesepahamanan  pengertian antara satu orang dengan yang lain.



Banyak cinta yang datang tanpa disangka-sangka, namun tidak sedikit cinta yang timbul karena terbiasa. Untuk terbiasa membutuhkan proses. Dan proses tentu membutuhkan waktu. Entah waktunya lama atau tidak. Yang jelas untuk mendapatkan sesuatu yang bagus kesabaran adalah hal terpenting. Jangan pernah mengharapkan sesuatu bisa terjadi secara instant, apalagi menyangkut Cinta.

Belajar untuk mencintai seseorang yang awalnya tidak kita cintai adalah sesuatu yang sulit. Butuh proses yang agak lebih lama ketimbang jika kita memang sudah memiliki sedikit rasa kagum pada orang tersebut.
Hal ini akan diperparah jika di masa lalu kita memiliki kenangan yang pahit karena cinta, maka akan sedikit sulit untuk kembali membuka hati untuk orang lain. Butuh waktu yang cukup lama untuk menghilangkan rasa sakit itu. Tergantung bagaimana kita menyikapi. Terkadang masa lalu yang menyakitkan itu memang sangat sulit untuk dilupakan, namun bukan berarti kita tidak bisa.

Sesakit apapun, ia adalah masa lalu. Biarkan masa lalu menjadi bagiannya sendiri. Kenanglah masa lalu itu tapi bukan untuk disesali, melainkan untuk dijadikan bahan pelajaran. Agar kelak tidak melakukannya lagi.
Dan sekali lagi, semua butuh proses. Jadi kawan, cobalah untuk menghargai proses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar